Membuat paket instalasi vb + mysql dengan NSIS

>> Coding4ever's Blog <<

Melengkapi tulisan sayaย Membuat paket instalasi vb + mysql dengan inno setup kali ini kita akan membuatnya menggunakan NSIS.

NSIS adalah salah satu tool gratis dan open source untuk membuat paket instalasi. Oke sebelum kita melangkah lebih jauh, berikut adalah hal-hal yang perlu kita persiapkan :

  1. NSIS
  2. MySQL versi noninstall disesuaikan dengan versi MySQL yang terinstall di komputer Anda
  3. Connector ODBC yang sudah terinstall biasanya ada di C:Program FilesMySQLConnector ODBC 5.1
  4. Database yang sudah di backup/dump
  5. Untuk editor, bagi Anda yang buta warna cukup pake notepad๐Ÿ˜€, saya sendiri menggunakan notepad++ atau kalo pengen lebih nyaman bisa menggunakan eclipse kemudian download plug-in NSIS

Lihat pos aslinya 345 kata lagi

Fitur ShortCode untuk menulis SourceCode di WordPress

body {color:pink}

Kamseupay

Pertama kali melihat iklan Im3 Seru Anti Galau, aku gak terlalu paham apa yang dimaksud dengan kata #kamseupay yang ada di sepanjang iklan tersebut. Ada jugakah yang bertanya-tanya apa sih artinya #kamseupay? Menurut beberapa sumber yang dapat dipercaya, ternyata arti kata #kamseupay itu KAMpungan SEkali Uuh PAYah.

Setelah tahu artinya, jadi merasa kasihan sama Dinda Kirana yang dibilang #kamseupay selama membintangi iklan tersebut, hihihi. Nih, silakan lihat ekspresi si cantik diejek #kamseupay melulu.๐Ÿ™‚


Konotasi Negatif

Menurut sidomi.com, #kamseupay merupakan istilah jadul sekitar tahun 1970-an yang kembali populer ketika Marissa Haque menggunakan istilah tersebut pada salah satu postingan blognya. Admin sidomi berpendapat bahwa istilah #kamseupay ini termasuk kata makian, yang bila digunakan dalam percakapan dapat menjerumuskan ke hal yang negatif (memaki).

Aku cukup setuju dengan pendapat admin sidomi tersebut. Kalau sebatas bercanda (yang tidak bersifat merendahkan) sesama teman, mungkin masih bisa dianggap wajarlah. Tapi ingat ya teman-teman, tidak semua orang itu suka diejek. Dan, orang yang bersedia diejek itu belum tentu mau diejek terus menerus 1×24 jam. Hehe๐Ÿ˜‰

Bila kita menghina lalu balas dihina bisa impas. Tapi bila menghina orang yang tak membalas, maka Allah yg akan membalasnya. @AaGym

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Note: Cross posted from Rudy Hartadi Webs.

Permalink

Kamseupay

Pertama kali melihat iklan Im3 Seru Anti Galau, aku gak terlalu paham apa yang dimaksud dengan kata #kamseupay yang ada di sepanjang iklan tersebut. Ada jugakah yang bertanya-tanya apa sih artinya #kamseupay? Menurut beberapa sumber yang dapat dipercaya, ternyata arti kata #kamseupay itu KAMpungan SEkali Uuh PAYah.

Setelah tahu artinya, jadi merasa kasihan sama Dinda Kirana yang dibilang #kamseupay selama membintangi iklan tersebut, hihihi. Nih, silakan lihat ekspresi si cantik diejek #kamseupay melulu.๐Ÿ™‚


Konotasi Negatif

Menurut sidomi.com, #kamseupay merupakan istilah jadul sekitar tahun 1970-an yang kembali populer ketika Marissa Haque menggunakan istilah tersebut pada salah satu postingan blognya. Admin sidomi berpendapat bahwa istilah #kamseupay ini termasuk kata makian, yang bila digunakan dalam percakapan dapat menjerumuskan ke hal yang negatif (memaki).

Aku cukup setuju dengan pendapat admin sidomi tersebut. Kalau sebatas bercanda (yang tidak bersifat merendahkan) sesama teman, mungkin masih bisa dianggap wajarlah. Tapi ingat ya teman-teman, tidak semua orang suka diejek. Tidak setiap saat orang yang bersedia diejek, itu mau diejek.๐Ÿ˜‰

Bila kita menghina lalu balas dihina bisa impas. Tapi bila menghina orang yang tak membalas, maka Allah yg akan membalasnya. @AaGym

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Note: Cross posted from Rudy Hartadi Webs.

Permalink

Cara Sharing Koneksi Internet dari Windows 7 ke Hape Android Lewat Wifi

Tiga hari yang lalu, alhamdulillah aku dibelikan ibu sebuah hape Android. Layaknya seorang yang masih hijau tentang Android, hal pertama yang ingin kulakukan adalah mencoba fitur-fitur yang ada pada Android, di antaranya unduh aplikasi-aplikasi menarik dari google play, browsing, facebookan, twitteran, mencoba sensor-sensor yang ada (digital kompas, gps, accelerometer), wifi, dan tentu saja gaming. Hehe.

Nah, untuk mencoba sebagian besar hal-hal tersebut, dibutuhkan koneksi ke internet. Karena akses internet menggunakan operator gsm masih terhitung cukup mahal (dan lemot) bagiku, serta terinspirasi dari fitur Wifi Tethering pada Android, akhirnya aku mencoba beberapa cara untuk menjadikan komputerku (yang terkoneksi ke internet menggunakan speedy) menjadi semacam Access Point / Hotspot bagi hape Androidku.

Lanjutkan membaca

Vegetarian dalam Berucap

Note: Cross posted from Rudy Hartadi Webs.

Permalink

Cukup menarik, status twitter dari pak @TungDW berikut ini:

@TungDW: Vegetarian bukan saja dari cara makan, tetapi yang terpenting adalah vegetarian secara pikiran, ucapan, dan perbuatan. #TDW

Ya, ketika marah, mudah terucap kata-kata binatang yang berkonotasi buruk. Lucu juga kata-kata pak Tung Desem Waringin di atas. Kalau vegetarian makanan rela tak memakan daging demi alasan kesehatan jasmani, maka kenapa tidak kita aplikasikan juga vegetarian pikiran, ucapan, dan perbuatan demi kesehatan rohani kita? Hmm, semoga di esok hari kita tidak lupa akan kata-kata sederhana ini. Amin.. Amin.. Amin..

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!

Cara Forward Semua Email Gmail (Termasuk Spam)

Apa? Forward semua email Spam? Anda yakin? Ya, aku sangat yakin!!๐Ÿ™‚

Semenjak menggunakan domain rudyhartadi.web.id, aku mulai menggunakan email yang berakhiran domain ini, misalnya yang masih sering kugunakan adalah pg[at]rudyhartadi.web.id. Menggunakan email domain cukup bermanfaat untuk promosi / marketing, baik offline maupun online. Promosi Online dengan cara kirim email menggunakan akun email domain tersebut, setting alamat email di facebook, twitter, kaskus dengan akun email domain, dlsb. Promosi Offline dengan cara ditulis di kartu nama, peralatan kantor, buat stiker, dlsb. Rasanya agak gimana.. gitu, ketika ditanya emailnya apa? Dan dijawab blablabla[at]pakaidomainkulho. Hehe.

Lanjutkan membaca